MENU×
Museum Mpu Tantular, Sidoarjo
Museum Mpu Tantular, Sidoarjo

Museum Mpu Tantular, Sidoarjo

Museum ini merupakan Museum dibawah kepemilikan negara yang mengumpulkan artefak-artefak di Jawa Timur yang bersejarah

Jl. Raya Buduran - Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur 61252
+62 31 8056688
Open Now 08:00-14:00
Managed By Yuardi Bisatya

Yuardi Bisatya

Appointment with Owner

Whatsapp
Museum Mpu Tantular, Sidoarjo

Apda awalnya Museum Negeri Mpu Tantular adalah lembaga kebudayaan Stedelijk Historisch Museum Soerabaia, di Readhuis Ketabang (sekarang Kantor Balai Kota Surabaya) yang didirikan oleh Godfried Hariowald von Faber, seorang warga Surabaya berkebangsaan Jerman, pada tahun 1933, yang kemudian diresmikan pada tanggal 25 Juli 1937.

Usaha Von Faber memperluas museum dilakukan dengan dipindahnya museum ke bangunan baru di Jalan Simpang (sekarang Jalan Pemuda 3 Surabaya, SMA Trimurti) dan dibiayai oleh penggalangan dana yang terkumpul dari masyarakat. Tata ruangan museum ini mempunyai suatu ruangan koleksi, perpustakaan, ruang kantor, auditorium. Untuk penyempurnaan museum yang dipimpinnya, Von Faber banyak mengadakan hubungan internasional. Namun sebelum cita-citanya tercapai, Von Faber meninggal pada tanggal 30 September 1955.

Sepeninggal Von Faber, museum tersebut dikelola oleh Yayasan Pendidikan Umum. Pada tahun 1964, museum ini memperoleh pendanaan dari Yayasan Bapak Prof Dr. M. Soetopo. Setelah dibentuknya Direktorat Permuseuman di lingkungan Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, perhatian Pemerintah terhadap museum yang dikelola Yayasan Pendidikan Umum menjadi lebih nyata.

Museum Pendidikan Umum dibuka secara umum tanggal 23 Mei 1972 dan diresmikan dengan nama "Museum Jawa Timur". Selanjutnya timbul inisiatif untuk menyerahkan Lembaga Kebudayaan ini kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur. Dalam proses penegerian, Yayasan Pendidikan Umum bekerja sama dengan perwakilan Kantor Pembinaan Permuseuman Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan diterbitkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 13 Februari 1974 Nomor 040/C/1974, Museum Jawa Timur berubah status menjadi Museum Negeri. Peresmian dilakukan tanggal 1 November 1974 dengan serah terima dari Ketua Yayasan Pendidikan Umum untuk Kebudayaan R. Banu Iskandar kepada Direktur Jenderal Kebudayaan Prof. Dr. I.B. Mantra.

Selanjutnya, Museum Jawa Timur diresmikan lagi dengan nama "Museum Negeri Jawa Timur Mpu Tantular" dengan lokasi di Jalan Pemuda 3 Surabaya. Karena bertambahnya koleksi, pada pertengahan tahun 1975, museum ini dipindahkan ke tempat yang lebih luas, yaitu di Jalan Taman Mayangkara No. 6 Surabaya, yang diresmikan pada tanggal 12 Agustus 1977 oleh Gubernur Jawa Timur Sunandar Priyosudarmo. Selanjutnya pada tanggal 14 Mei 2004 dipindahkan ke lokasi tetap yaitu di Jl. Raya Buduran, Sidoarjo (sebelah barat Jembatan Layang Buduran).


HTM : Anak-anak Rp.3000, Dewasa Rp.4000


sumber:

https://kumparan.com/arieffebrianto693-video/momen-pekan-di-museum-mpu-tantular

https://setyodotorg.wordpress.com/2011/12/28/wilayah-bersejarah/

https://lfitriany.wordpress.com/2018/02/16/ke-museum-mpu-tantular-yuk/

Nearby